PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Jawaban Uji Kompetensi sejarah indonesia semester 2

1. Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha!

Kekuatan besar Nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara politik selalu dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Kekuatan integrasi secara politik di sini maksudnya adalah kemampuan kerajaan-kerajaan tersebut dalam menguasai wilayah-wilayah yang luas di Nusantara di bawah kontrol publik di bawah pengawasan dari kerajaan-kerajaan tersebut. Dengan demikian, pengintegrasian antar pulau secara lambat laun mulai terbentuk.

2. Buatlah peta jaringan perdagangan pada masa Sriwijaya dan masa Majapahit!

Peta jaringan perdagangan pada masa Sriwijaya dan masa Majapahit




3.  Komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada Kepulauan Indonesia? Bandingkan dengan perdagangan saat ini, komoditas apakah yang diminati dalam perdagangan Indonesia?

Komoditas penting yang menarik bagi kaum pedagang ialah rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkih dan pala. Hal ini yang membuat kaum pedagang berdatangan ke pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kepulauan Indonesia. Sedangkan pada masa kini, komoditas yang menarik bagi para pedagang dari luar negeri untuk mendatangi pelabuhan di Indonesia ialah komoditas kelapa sawit yang ada dan dibududayakan di Pekanbaru, Riau. Selain kelapa sawit, yang menjadi komoditas penting bagi Indonesia ialah kakao.

4. Carilah pelabuhan yang terdekat dengan kota yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu. Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang pelabuhan itu?
Pelabuhan Ulee lheu (banda aceh), pelabuhan ini menghubungkan antar Pulau sumatra dan Pulau Weh(sabang). Pelabuhan ini adalah akses utama untuk menuju pulau Weh,dikarenakan Sabang hanya memiliki akses masuk melalui laut,namun ada juga bandara akan tetapi bandara ini hanya menampung pesawat-pesawat kecil saja. Pelabuhan ini sangat lah ramai terutama pada hari libur.
Previous
Next Post »

komentar tidak berisi spam.
terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon