kita sudah sering mendengar isitilah OOP atau Object Oriented
Programming. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi
Pemrograman Berorientasi Objek alias PBO. Tapi apa sebenarnya
OOP/PBO itu? OOP adalah bahasa pemrograman yang memiliki
konsep objek seperti halnya objek di dunia nyata. Objek di dunia
nyata misalnya saja “Burung Articuno” (salah satu burung
legendaris di anime Pokèmon). Burung tadi kita anggap sebagai
objek, dia memiliki paruh, sayap, bulu, kaki, dan bagian tubuh
lainnya. Burung juga mempunyai kemampuan untuk terbang. Jika
dijadikan dalam konsep OOP maka jadinya adalah sebagai berikut:
Dunia NyataKlasDunia OOP
Objek
Memiliki
Warna Bulu
Kemampuan
: Aves
: Burung Articuno
: Paruh, Sayap, Bulu, dll
: Biru
: TerbangClass : Aves
Object : Burung Articuno
Data Member : Paruh, Sayap, Bulu, dll
Properties Bulu : Biru
Method : Terbang
komentar tidak berisi spam.
terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon